Tahukah anda berapa tekanan darah anda sekarang ? Sebagian besar orang tidak perduli dengan tekanan darahnya. Padahal, salah satu indicator kesehatan yang paling mudah kita deteksi adalah tekanan darah ini. Meskipun terkadang tidak menimbulkan gejala yang kita rasakan secara langsung, namun ketika dilakukan pengukuran, ternyata tekanan darah kita tidak normal. Hal ini bisa saja terjadi. Oleh sebab itu, luangkan waktu untuk cek tekanan darah ke dokter atau klinik. Jika tidak punya waktu, beli saja tensimeter. Sekarang banyak sekali toko alat kesehatan yang jual tensimeter murah yang mudah digunakan.

Jika anda ingin mengetahui ada berapa jenis tensimeter dan perkiraan harga termurah ? Jangan beranjak dari tempat duduk anda dan silahkan lanjutkan membaca artikel ini sampai habis.

Oke langsung saja, pada kesempatan kali ini saya akan mengajak anda sekalian untuk mengetahui jenis – jenis tensimeter yang banyak digunakan dan dijual di pasaran. Di sini akan saya kelompokan ke dalam tiga jenis tensimeter. Yaitu tensimeter aneroid, tensimter air raksa dan tensimeter digital.

Tensimeter Air Raksa

Air raksa memang banyak digunakan dalam alat ukur, hal ini karena sifat zat yang sangat kalis pada benda apapun. Salah satu jenis tensimeter yang kita kenal dan masih banyak kita lihat dimana – mana yaitu tensimeter air raksa. Tensimeter ini merupakan salah satu jenis tensimeter manual, yaitu pembacaan hasil dan proses pengukuran dilakukan oleh manusia. Tensimeter ini memiliki beberapa model, diantaranya tensimeter wall, tensi berdiri dan desk model yang biasa kita lihat di rumah sakit.

Tensimeter Digital

Lain lagi dengan jenis tensimeter digital. Tensimeter ini  merupakan tensimeter otomatis yang sangat mudah dipakai. Kita hanya tinggal memasang manset dan menekan tombol start, alat akan berjalan dan hasilnya akan diperoleh dalam hitungan detik saja. Tensimeter ini memang didesain dengan kemudahan penggunaan untuk semua orang. Bukan hanya untuk petugas medis di rumah sakit atau klinik. Namun siapa saja bisa membelinya dan menggunakannya sendiri di rumah. Tensimeter digital memang tergolong yang paling mahal, anda bisa mendapatkannya di toko alat kesehatan yang jual tensimeter digital dengan harga mulai dari 400 ribuan.

Tensimeter Jarum

Tensimeter jarum juga termasuk jenis tensimeter manual. Seperti tensimeter air raksa, Tensi jarum atau yang biasa disebut dengan tensi aneroid ini juga dijalankan oleh manusia. Hasil pengukuran tergantung dari pengukur. Dikatakan tensimeter jarum karena menggunakan sensor berupa manometer, alat pengukur tekanan seperti bentuk jam dengan indicator penunjuk angka seperti jam atau jarum.  Untuk harga, memang jenis tensimeter ini adalah yang paling murah. Anda bisa membelinya hanya dengan harga tidak sampai 100 ribuan.

Nah demikian tadi sedikit ulasan mengenai jenis – jenis tensimeter. Anda tinggal pilih, mana yang akan anda gunakan sesuai dengan keinginan anda. Sekian, semoga bermanfaat. Terimakasih.

3 Jenis Tensimeter Yang Sebaiknya Anda Ketahui Sebelum Membeli