Dalam berkebun, memberi pupuk adalah hal penting untuk menjaga kualitas tanaman, dan ini berlaku untuk hampir semua tanaman, tidak terkecuali kelapa sawit. Sebagai seorang petani, ada takaran dosis pemupukan kelapa sawit yang harus diketahui. Pupuk merupakan salah satu pemberi asupan nutrisi pada tanaman sawit. Pemberian pupuk tidaklah diberikan secara asal melainkan diberikan sesuai dengan ketentuannya.

Dosis Pemupukan Kelapa Sawit

Buah sawit
dosis pupuk kelapa sawit

Pemberian dosis pemupukan kelapa sawit biasanya dilakukan dengan melihat umur tanaman sawit. Seperti halnya manusia yang berkembang, perbedaan usia pada tanaman sawit juga mempengaruhi kebutuhan asupannya. Bagi tanaman sawit yang berusia 0 hingga 3 tahun, maka ia akan membutuhkan pupuk urea dengan dosis 0,4-0,6 kg pertahun, dan diberikan sebanyak dua kali. Tidak hanya urea, pupuk KCI juga dibutuhkan dua kali setahun dengan jumlah 0,2 hingga 0,5 kg. Petani juga perlu memberikan asupan pupuk kiserit sebanyak dua kali setahun sebanyak 0,1-0,2 kg dan terakhir berikan juga borax 2x setahun dengan takaran 0,002-0,005 kg.

Lalu untuk tanaman sawit diatas 3 tahun, dosis yang tepat adalah memberikan pupuk dua kali setahun dengan masing-masing takaran yang berbeda. Jenis pupuk pertama yaitu urea dengan dosis 2-2,5 kg. Lalu KCI 2,5-3 kg. Kiserit juga tetap diberikan dengan takaran 1-1,5 kg. Lalu borax dengan takaran 0,05 hingga 0,1 kg. Terakhir adalah pupuk SP-36 yang hanya diberikan setahun sekali dengan takaran 0,75 hingga 1 kg. Seluruh takaran yang telah disebutkan baik untuk usia tanaman 0 hingga 3 tahun atau tanaman yang telah berusia diatas 3 tahun adalah dosis yang dianjurkan untuk diberikan per tanamannya.

Tadi itu pemberian dosis yang disarankan bagi tanaman sawit. Pemberian dosis yang tepat akan mempengaruhi hasil panen dari buah sawit. Karena itu jangan sekali-kali menyepelekan dosis pemupukan kelapa sawit karena hal tersebut bisa saja menimbulkan kerugian bagi petani. Sekian yang bisa dibagikan terkait pemupukan sawit, semoga informasi ini bisa membantu para petani sawit dan para pembaca. Terima kasih.

Dosis Pemupukan Kelapa Sawit yang Tepat