Membahas komputer tidak lepas dari hard disk eksternal. Bergelut di bidang komputer wajib memiliki hard disk eksternal. Apalagi kamu yang suka bergelut di bidang multimedia, mengedit audio, video maupun stip motion memerlukan ruang penyimpanan yang besar. Maka dari itu hard disk sangat diperlukan.

Dengan hard disk kita dapat menyimpan data tanpa takut akan hilang atau terhapus. Data akan hilang atau terhapus jika kita menghapusnya sendiri. Apa yang kita simpan di hard disk akan tersimpan secara permanen.

Kegunaan Hard disk External

Mengapa kita harus menggunakan hard disk eksternal, bukan RAM atau memori yang sudah ada dilaptop? Beberapa poin dibawah ini bisa menjawabnya. Dan jika kamu ingin membeli hard disk tetapi masih meragukan kebergunaannya, berikut ini kami rangkumkan sejumlah informasi mengenai kegunaan hard disk eksternal.

  • Dengan menggunakan hard disk kamu dapat menyimpan data-data pribadimu tanpa harus berbagi tempat penyimpanan data dengan orang lain. Kamu dapat membukanya dimana dan kapan saja. Hard disk eksternal memiliki ukuran kecil dan ringan sehingga mudah kamu bawa kemana saja.
  • Selain point diatas, jika kamu tidak ingin data-data pada komputer kamu hilang dan rusak, kamu dapat membuat cadangannya di hard disk eksternal. Sehingga ketika tiba-tiba data-datamu terkena virus, kamu tidak perlu khawatir karena kamu memiliki salinannya.
  • Menyimpan file menggunakan hard disk membuat komputer memiliki ruang penyimpanan yang banyak. Ini membuat komputer tidak terbebani. Komputermu pun dapat lebih lancar dalam menjalankan program dan memiliki performa yang bagus.

Cara Memilih Hard Disk Eksternal yang Tepat

Setelah mengetahui kegunaan hard disk eksternal, kamu juga harus tahu cara memilih hard disk eksternal. Memilih hard disk eksternal haruslah cermat, agar hard diskmu dapat awet. Tidak hanya karena awet, memilih hard disk eksternal juga harus menyesuaikan komputer apa yang kita pakai. Berikut telah kami rangkum cara memilih hard disk eksternal yang tepat dan benar.

hardisk eksternal

  • Operasi Sistem

Setiap komputer belum tentu memiliki sistem operasi yang sama. Sistem tersebut HFS+ dan NTFS. Karena memiliki sistem yang berbeda produsen membuat hard disk yang menyesuaikan sistem tersebut. Artinya, pada sistem HFS+ memiliki hard disk yang berbeda dengan NTFS.

Ketika kamu hendak membeli hard disk, pastikan dahulu pada sistem operasi mana hard disk tersebut akan digunakan. Karena jika hard disk digunakan pada sistem operasi tidak sesuai, komputer hanya dapat membaca tetapi tidak bisa mengedit.

  • Kapasitas

Sebelum membeli hard disk, kamu harus memperhitungkan berapa ukuran hard disk yang kamu butuhkan. Misalnya kamu ingin menyimpan 100 ribu foto dengan pengambilan menggunakan kamera 6 MP dan 125 ribu lagu  kualitas MP3 128 Kbps. Kamu membutuhkan 500 GB. Jika ingin menyimpan lebih banyak foto dan banyak lagu dengan kualitas lebih tinggi, kamu harus menyiapkan hard disk dengan ukuran lebih besar.

  • Kecepatan Rotasi

Kecepatan rotasi sangat berpengaruh pada kecepatan menulis dan membaca data pada hard disk. Lebih besar kecepatan rotasi yang dimiliki, maka performa juga akan lebih baik. Maka dari itu, perhitungkan pula kecepatan rotasi yang dimiliki oleh hard disk.

  • Konektivitas

Dalam memilih hard disk pertimbangkan juga konektivitas yang dimiliki. Hard disk tersambung ke komputer menggunakan port USB, yang terdiri dari USB 3.0 dan USB 2.0. Menggunakan USB 3.0, kamu dapat menghubungkan hard disk kamu dengan komputer dengan kecepatan 5 Gbps. Sedangkan  USB 2.0 hanya memiliki 480 Mbps.

  • Fitur

Membeli hard disk juga harus melihat fiturnya. Fitur yang wajib dan harus ada pada hard disk yaitu backup dan password protection. Pilihlah hard disk yang menyediakan fitur yang kamu butuhkan.

  • Garansi

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah garansi. Memiliki garansi yang panjang membuat kamu tidak perlu takut jika mengalami kerusakan pada hard disk eksternal.

Beberapa Hard disk Eksternal Terbaik

Setelah mengetahui kegunaan dan cara memilih hard disk, dibawah ini merupakan beberapa hard disk eksternal terbaik yang ada di pasaran. Beberapa hard disk ini dapat menjadi bahan pertimbangan kamu dalam membeli hard disk eksternal. Berikut diantaranya:

  • Seagate Backup Plus

Seagate backup plus merupakan hard disk pertama yang dirilis oleh Seagate. Hard disk eksternal ini memiliki ukuran 2.5” dan dilengkapi dengan Mini USB 3.0. Hard disk Seagate backup plus menggunakan sistem file NTFS, sehingga dapat digunakan pada Windows.

Kamu juga dapat menggunakan hard disk ini pada mac, karena didalamnya terdapat Paragon NTFS. Seagate backup plus memiliki fungsi utama pada yakni Protect, Share, and Save. Untuk performa Seagate backup plus dapat dibilang baik.

Seagate Backup Plus memiliki kelebihan antara lain dapat melakukan transfer data dengan cepat, desain menarik, memiliki software backup yang mumpuni. Sedangkan kekurangan dari Seagate backup plus adalah memiliki harga yang lumayan tinggi untuk hard disk eksternal berkapasitas 1 TB.

Seagate Backup Plus mempunyai fitur dan spesifikasi yang sangat mumpuni. Antara lain fitur Software Seagate Dashboard Agent (Mac and Windows). Di lengkapi lagi dengan dukungan OS Microsoft Windows (XP, Vista, 7), Mac OS 10.4.6 atau diatasnya. Maka dari itu, kinerja hard disk ini sangatlah hebat dan cepat.

Hard disk eksternal bermerek Seagate Backup Plus ini juga sangat mudah dibawa dan digunakan kemana saja. Memiliki berat 0.44 pound dengan ukuran 4.86 x 3.19 x 0.6 inci sangat mudah digenggam dan dibawa kemana saja. Seagate Backup Plus hadir dalam beberapa kapasitas yaitu 500GB, 750GB, 1TB.

  • WD My Passport Ultra

Hard disk WD My Passport Ultra menawarkan kapasitas penyimpanan hingga 2TB.  Dengan harga $ 100 untuk 500GB atau $ 130 untuk 1TB. Pada ruang penyimpanan dilengkapi dengan software backup WD SmartWare, sehingga filemu akan aman tersimpan pada hard disk ini.

WD My Passport Ultra memliki desain yang ideal dari lebar, panjang maupun setebalnya. Hard disk ini sangat mudah untuk dibawa kemana-mana.

Keunggulan WD my passport ultra antara lain yaitu memiliki kecepatan RPM sama dengan produk harddisk Seagate tetapi tidak mudah panas, harga terjangkau, tidak menimbulkan suara berisik saat digunakan, dan memiliki garansi selama 1 tahun. Sedangkan kekurangan produk ini tidak dapat digunakan secara maksimal 24 jam nonstop, jika dipaksakan speednya akan turun perlahan-lahan.

Hard disk WD My Passport Ultra memiliki tipe 2.5-inch external USB hard drive dengan konektorUSB 3.0 Micro B. Ditawarkan dengan kapasitas 2TB, membuat kamu sangat puas menyimpan jutaan data mulai dari foto, video, musik, dll. Untuk ukuran dan beratnya sendiri hard disk ini hadir dengan sebesar 81,5 mm x 15,8 mm x 110 mm dan seberat +/- 230 gram.

Kinerja hard disk Seagate back up plus menggunakan OS Windows dan Mac. Dam dilengkapi oleh banyak fitur antara lain  WD SmartWare Pro, WD Utility, WD Security, WD backup

  • LaCie Rugged Thunderbolt (1TB)

LaCie Rugged Tunderbolt USB 3.0 1TB memiliki kapasitas 1 TB dilengkapi dengan Integrated Thunderbolt™ dan USB 3.0. Hard disk ini memiliki kecepatan transfer data rata-rata 10 Gb/s dan 5 Gb/ s. Untuk performa pembacaan LaCie Rugged Tunderbolt USB 3.0 1TB memiliki kecepatan 110 MB/ s.

LaCie Rugged Tunderbolt USB 3.0 1TB berukuran 89 x 140 x 24 mm dibalut dengan warna-warna mencolok, tetapi dilindungi dengan material yang tahan banting.LaCie Rugged Thunderbolt menggunakan operating system Thunderbolt: Latest version of Windows® 7, Windows 8 Mac OS® X 10.6.8 or later. Hadir dengan berat  350 g atau  12.3 oz dengan Minimum free disk space: 600 MB recommended

Demikianlah beberapa informasi mengenai hard disk, semoga dapat membantu kamu yang sedang mencari hard disk ekternal terbaik dengan harga sepadan. Dan semoga ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih dan membeli hard disk.

Ini Dia Hard disk Eksternal Terbaik 2017