Dalam dunia industri, limbah adalah sesuatu hal penting yang harus dipikirkan sehingga tidak berdampak buruk untuk lingkungan. Akan lebih baik jika sebuah industri memiliki standar operasional prosedur yang baik dan mapan tentang bagaimana mereka akan mengolah limbah industri mereka.

Hampir semua bahan produksi pasti akan menghasilkan limbah, tidak terkecuali jagung. Jagung adalah salah satu bahan makanan yang sangat potensial untuk dijadikan bahan produksi berbagai makanan.

Akan tetapi tongkol jagung atau biasanya orang menyebutnya bonggol atau janggel jagung akan menjadi limbah yang berbahaya untuk lingkungan kalau tidak ada penanganan secara tepat. Tapi kalau tongkol jagung dimanfaatkan dengan baik, akan menjadi tongkol jagung yang bernilai guna.

Jagung sebagai hasil pertanian memiliki sejuta manfaat. Manfaat jagung dapat dirasakan mulai dari biji, daun, kulit bahkan tongkol jagung itu sendiri. Maka dari itu kalau Anda memiliki usaha dengan jagung sebagai salah satu bahan produksi utama, apa yang anda butuhkan hanyalah informasi tentang pemanfaatan ulang tongkol jagung agar lebih berguna dan aman untuk lingkungan.

Salah satu yang paling populer dari pemanfaatan tongkol jagung adalah sebagai pakan ternak, hal ini karena tumbuhan jagung memiliki banyak nutrisi yang baik untuk hewan.

Pengolahan tongkol jagung menjadi pakan ternak adalah ide paling populer diantara ide-ide yang lainnya. Pengolahan bonggol jagung menjadi pakan ternak pertama kali dikembangkan di negara Jepang yaitu digunakan untuk makanan sapi, kambing dan unggas.

Tentu untuk mendapatkan tongkol jagung dipipil dulu dengan mesin perontok jagung. Kemudian pipilan jagung dan tongkolnya dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

Bagian dari tongkol jagung yang dimanfaatkan untuk pakan ternak adalah tepung kering yang dihasilkan dari hasil penggilingan tongkol jagung kering.

Tepung kering ini dinamakan concobu dan mengandung berbagai zat seperti asam amino, protein, karbohidrat komplek, dan mineral. Zat-zat yang terkandung di dalam tepung kering atau concbu tadi sangat penting untuk melancarkan penyerapan nutrisi dalam pencernaan hewan.

Pakan Ternak Dari Tongkol Jagung

1.) Metode Ensilasi

1. Pertama, kita lakukan penggilingan tongkol jagung yang akan diolah menjadi pakan ternak dengan menggunakan mesin penggiling jagung.
2. Tongkol jagung yang sudah digiling dilembabkan dengan dicampurkan dengan air sampai didapat kadar campuran 60%.
3. Kemudian tambah dengan bahan kering lainnya sekitar 30-40%.
4. Setelah itu simpan di temperatur ruang selama kurang lebih tiga minggu.

Proses ensilasi ini akan mengubah karbohidrat menjadi asam laktat, atau dalam artian lain kecernaan akan meningkat, tapi kandungan proteinnya tetap.

2.) Metode Amoniasi

1. Tongkol jagung digiling kemudian dilembabkan dengan air untuk mendapatkan kadar air 40%.
2. Tambahkan urea 3% dari bobot kering tongkol jagung, kemudian aduk merata.
3. Setelah itu disimpan dalam plastik selama kurang lebih tiga minggu dalam keadaan kedap udara pada suhu ruangan.

Proses amoniasi ini bisa meningkatkan kandungan nutrisi dari limbah tongkol jagung sampai 9%.

3.) Metode Fermentasi

1. Proses fermentasi ini dilakukan dengan menggunakan kapang ‘Aspergilus Niger’ sebagai inokulan.
2. Tongkol jagung digiling kemudian dilembabkan dengan air untuk mendapatkan kadar air sekitar 50%.
3. Kemudian dikukus selama 30 menit dengan menggunakan mesin pengering jagung.
4. Setelah dingin, tongkol jagung dicampur dengan starter suspensi kapang sebanyak 0,5 g per 100 g tongkol jagung.
5. Masing-masing campuran diaduk sampai merata dan dimasukkan ke dalam loyang plastik, kemudian difermentasikan pada suhu ruang secara aerob selama empat hari.
6. Kemudian dilakukan proses enzimatis selama dua haru dengan cara dipadatkan pada kantong plastik dengan kondisi hampa udara.

Demikian informasi mengenai 3 Cara Membuat Pakan Ternak Dari Tongkol Jagung yang bisa Anda lakukan. Cara ini bisa Anda coba dalam upaya menekan biaya pakan yang memang mahal, jadi ini bisa menjadi sebuah pakan alternatif untuk ternak Anda.

 

Pemanfatan lain yang serupa adalah pembuatan pelepah kelapa untuk pakan sapi. Ini lebih mudah karena pelepah kelapa tinggal di cacah dengan mesin pencacah pelepah kelapa.

Demikian informasi dari kami dan terimakasih.

3 Cara Membuat Pakan Ternak Dari Tongkol Jagung. Cocok untuk Bisnis!